[Review] Philippines Movie: My Ex and Whys (2017)



Hi, postingan pertama aku ini merupakan sebuah movie filipina, atau yang biasa disebut Pinoy movie. Dan untuk selanjutnya aku sebut pinoy movie aja ya.


My Ex and Whys. Dari judul dan posternya aja aku langsung dibuat penasaran sama movie satu ini. Yah, kebanyakan orang menilai sesuatu dari luarnya dulu, kan? Karena itu melihat poster nya yang lucu, aku coba searching dan lihat2 siapa pemainnya. Ternyata lead male and female nya adalah love team "LizQuen". LizQuen singkatan dari Liza Soberano dan Enrique Gil. Sudah hal yang umum di Fililina sana,  dimana setiap pasangan dalam drama yang memiliki chemistry bagus akan disatukan menjadi loveteam, termasuk Lizqueen ini. Nama2 love team nya juga lucu2, nanti akan aku buat postingan tentang love team sendiri.
Biasanya love team ini sering disatukan dalam film atau drama series. Makanya bagi penggemar loveteam masing2 mereka sudah tak asing lagi atau bertanya2 kok mereka lagi sih? Hahaha karena sebelumnya mereka sudah pernah dipasangkan, di drama, film, bahkan iklan.

So, balik lagi ke My Ex and Whys. Ya, movie ini bisa dibilang cukup baru karena baru rilis bulan Februari 2017 lalu. Genrenya romance comedy, genre movie yang hampir diminati semua orang.


Cerita bermula dari seorang gadis cantik bernama Calista Ferrer (Liza Soberano) atau biasa dipanggil Cali (dibaca: kali). Cali adalah seorang blogger terkenal dengan blog nya "The Bakit List" dengan nama pena Delilah. Dalam bahasa filipina bakit itu artinya mengapa. Dan semua isi blog nya hanya pertanyaan2 'mengapa/bakit' yang berhubungan dengan cinta. Itulah yang membuat blog nya itu punya ciri khas tersendiri. Pengikutnya juga sangat banyak.

Selain jadi seorang blogger terkenal, ia juga bekerja menjadi call center yang kerap diomeli para customer. Cali tinggal bersama ibu, kedua bibinya dan adik laki laki kembarnya. Keluarga mereka sangat bahagia, apalagi ternyata Cali juga pintar di bidang akademis.

Ternyata hidupnya tidaklah sesempurna itu. Dia punya kisah memilukan yang berhubungan dengan pria, termasuk mantan pacar dan juga ayahnya sendiri.
Kisah itu dimulai saat Cali masih dibangku kuliah dan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Mr. Stick-to-One nya, Gio (Enrique Gil), saat berada di sebuah party bersama sahabatnya.
Mereka mengikuti sebuah game, dimana mereka dikunci dalam lemari selama beberapa menit, mereka berkenalan sampai pura2 bermesraan. Itulah awal perkenalan mereka, meski Gio membuat trik agar gadis yang masuk ke dalam lemari bersamanya adalah Cali. Dia juga suka Cali pada pandangan pertama.


Mereka pun berpacaran. Suatu hari, Ayah Cali ketahuan selingkuh dan memilih bersama selingkuhannya itu daripada ibu Cali. Gio yang ada bersama Cali saat itu berjanji dia takkan pernah menyakiti Cali. Tapi kepercayaan Cali hilang saat Gio dan manager barunya ( Gio tergabung dalam sebuah band, dia sebagai drummer) terlibat affair.
Sebenarnya manager Gio yang menggoda Gio saat mabuk. Gio tentu saja tak sadar jika ia melakukannya. Mereka akhirnya  putus meski Gio berusaha keras menjelaskan pada Cali kalau dia tak bermaksud melakukannya. Saat itu dia mabuk. Tapi Cali tak percaya karena dia memang mendengar mereka sedang bermesraan saat manager Gio lupa mematikan ponsel yang masih dalam panggilan.


Dua tahun berlalu, selama itu juga Cali terpuruk karena terluka, bahkan ia kehilangan beasiswanya. Sejak itulah ia tak percaya pada laki-laki. Ia menganggap semua laki-laki itu sama, tukang selingkuh. Dan muncullah The Bakit List yang menjadi tempat curahan hatinya.
Tak sengaja pada suatu kesempatan, Gio yang sudah tak pernah bertemu Cali lagi selama dua tahun melihatnya sedang blog con dan dari situ ia tahu Cali masih terluka karena dirinya dan belum memaafkannya. Berbanding terbalik dengan keluarga Cali yang selalu diselingkuhi, keluarga Gio, mulai dari ayah sampai kelima anaknya semua tukang selingkuh kecuali Gio sendiri. Hahahahah




Gio lalu mengaku kalau dia fans Delilah. dibantu keempat saudaranya dia perang coment dengan Cali di Twitter dengan akun bernama Dahil List Boy. Dahil itu artinya 'karena'. Jadi ia menjawab pertanyaan2 Cali di twitter yang selalu dengan bakit (mengapa). Hahaha cocok banged

Comment mereka awalnya lucu sampai Gio akhirnya minta maaf, dengan mengatakan I'm sorry, baby girl. Tahulah semua keluarga Cali yang juga ikutan balas komentar kalau Dahil List itu adalah Gio, mantan pacar Cali, karena Baby Girl adalah panggilan sayang Gio dulu.

Gio sempat di block oleh Cali tapi ia tak putus asa. Saat Cali membuat twit 'mengapa dia harus percaya lagi?' banyak orang yang mengomentari termasuk Gio, dan kali ini Gio mengatakan di komentar nya kalau dia masih mencintai Cali. Awwwww Langsung saja hal itu menjadi viral dan mereka didapuk jadi love team social media.


Saking terkenalnya, mereka dipilih jadi Brand Ambassador sebuah travel. Banyak hal lucu disini, karena mereka harus pura-pura akur Hahahhaa. Saat sesi pemotretan, Gio mencari kesempatan untuk dekat2 dengan Cali, tapi Cali gak mau dan menaruh binder diantara wajah mereka sebagai penghalang Hahahahha.

Gio ingin melakukan segala hal yang bisa dia lakukan untuk Cali, mulai dari ngambilin kursi, ngelap keringat, bahkan geserin batu dijalan agar Cali selamat jalannya Hahhahah, tapi semua gagal karena sahabat Cali lah yang melakukannya. Dua kosong, ucap teman Cali.


Moment yang paling lucu menurut ku adalah saat wanita perwakilan dari travel itu datang dengan baju terbuka sampai belahan dadanya jelas kelihatan. Gio yang lagi pemotretan di luar bersama Cali langsung mengalihkan pandangannya namun mencoba tetap bersikap ramah dan cengar cengir gak jelas, takut sama Cali. HAHAHAHAH, Cali yang kesal, tiba-tiba menampar Gio di depan umum dengan alasan seekor lalat. Bwhahahah meskipun begitu Gio tetap tersenyum ikhlas.

Masalah muncul saat Cali ingin membutikan ke publik kalau Gio tak pernah berubah sama sekali. Once a cheater always a cheater. Itulah yang selalu ia pedomani. Tapi Cali membuat kesalahan besar sampai Lee, sahabat mereka batal nikah hanya karena ulah Cali itu.



Cali tak bermaksud sejauh itu, ia hanya ingin membuktikan bahwa Gio tak pernah berubah. Cali menangis dan menyesali perbuatannya. Ia juga tak tahan memendam rasa bencinya pada Gio selama ini hingga dia menceritakan semuanya. Gio paham. Akhirnya dia memberikan waktu untuk Cali sendiri. Ia sedikit menjauh tapi dengan terus bertekad membuktikan kalau orang bisa berubah, termasuk dirinya.


Untuk menebus kesalahannya, Cali memohon pada Lee untuk ikut ke Korea (calon istri Lee orang Korea). Dan ternyata Gio juga ikut untuk menyelamatkan pernikahan Lee. Calon istri Lee kabur dari rumah sehingga mereka harus cari ke tempat2 kenangan Lee dan tunangannya hingga mereka bertemu Sandara Park dan langsung minta foto. Wah seru banged perjalanan mereka, udah gak kayak cari orang hilang, tapi liburan.




Disini, Cali mulai cemburu dan sudah lebih bersahabat pada Gio. Mereka juga foto-foto bareng. Cali akhirnya tahu dari Lee kalau sebelum mereka putus, Gio ingin melamar Cali dibawah pohon Ginko saat golden shower di Nami Island. Hmmm, mereka beneran kesana tapi untuk nyari tunangan Lee yang katanya ada di Nami island.


Merasakan golden shower ginko leaves adalah impian Cali dan hal itu menjadi kenyataan. Dia bersama Gio tak sengaja jalan di bawah pohon yang sama dan moment sweet pun dimulai. Meski sekarang gak ada golden shower tapi Gio membuat golden shower itu untuk Cali dengan menaburkan daun ginko diatas kepala mereka. Hmmmm kira-kira persis seperti di poster lah. Jadi pengen juga ditaburin gitu! Hahahahah

Bisa dibilang berkat bantuan Lee juga mereka bisa sedikit lebih akrab dan lebih memahami karena sebenarnya mereka berdua masih saling mencintai. Mereka berhasil menemukan Hana, tunangan Lee dan meluruskan masalah yang terjadi, lalu Lee dan Hana menikah. Apa yang selanjutnya terjadi setelah mereka kembali ke Korea? Cali mulai percaya tapi ada hal lain yang membuatnya kembali tidak percaya hingga akhirnya dia benar-benar bisa mempercayai Gio. Aku gak bakal ceritain endingnya, biar penasaran HAHAHAHA.

Saat Gio jadi groomsman.
dia terus ngelirik dan main mata genit pada Cali. HAHAHAH
Satu hal yang aku suka dari movie ataupun drama filipina adalah, pemerannya yang sering menggunakan bahasa Inggris, campur-camppur gitu, jadi aku bisa improve bahasa inggrisku HEHEHE, jadi malu karena gak bisa bahasa Inggris. Back to the story, movie ini recommended banget, banyak lucunya, yaiyalah secara RomCom. kita dibuat ketawa dengan tingkah lucu dan konyol setiap pemerannya. Terus banyak pesan moral juga untuk kita bahwa orang bisa berubah, meskipun sulit untuk kita percayai. Kita harus memberikan mereka kesempatan untuk membuktikan kalau mereka sudah berubah. Moment romantisnya disini juga gak terlalu berlebihan menurutku, dan bagian akhirnya sangat menyentuhh. Karena nonton film ini aku jadi suka film filipina dan pengen nonton yang lain, tapi susah banget carinya. Ada sih tapi gak ada engsub nya, ini juga aku downloadnya yang gak HD, habis susah sih. emang aku ngerti bahasa tagalog? HAHAHA Totally no. But I'll try to find it and make the review for you who loves pinoy movies like me. 

Rating: 4.5/5

0 komentar:

Posting Komentar